Cara Membuat Gula Merah

Posted on Februari 2, 2008. Filed under: BELAJAR |

Silahkan kunjungi kategori Ekonomi di  NgapakNEWS.com

Antau anda juga penggemar gambar-gambar asyik, silahkan kunjungi juga di http://photoblackwhite.blogspot.com/

Pada umumnya masyarakat desa jladri memproduksi gula merah,mungkin ini adalah suatu produktifitasnya masyarakat desa jladri.jladri merupakan salah satu desa penghasil gula merah ter banyak,tengkulak gula merah dari berbagai daerah seperti solo,madiun,pati,surabaya dan kota kota besar lainnya semua berdatangan ke desa jladri untuk membeli gula merah.

Disini saya akan sedikit menerangkan bagaimana cara membuat gula merah ala jladri.sebelum kita memulai membuat gula merah,kita harus mengerti istilah istilah dan alat yang akan di gunakan dalam membuat gula merah ala jladri,diantranya seperti..:

1.Wajan (Tempat untuk memasak gula merah)

2.Kebuk (Alat yang terbuat dari kayu untuk mengaduk gula merah)

3.Etok etok (Alat yang terbuat dari batok kelapa untuk menuangkan gula yang sudah matang,tapi belum kering ke dalam cetakan gula merah)

4.Papan cetakan (Untuk mencetak gula merah)

5.Plastik (Untuk melapisi catekan supaya tidak nempel ke cetakan)

6.Saringan (Untuk menyaring sajeng/nira yang akan di masak)

7.Kayu bakar (Untuk emasak)

8.Air sajeng/nira (Bahan baku gula merah)

9.Pawon (Tempat untuk meletakan wajan dan nyalanya api)

10.Semengka (Proses sajeng/nira muali matang dan jadi gula)

11.Kitit (Proses mengentalkan sajeng/nira yang sudah matang)

Semua peralatan dan istilah istilah sudah di mengerti dan sudah tersedia,semua peralatan dan bahan sekarang baru mulai proses membuat gula merh ala jladri.

1.Nyalakan dulu kayubakar,kalo sudah nyala diamkan saja dulu.

2.Letakan wajan di atas pawon,lalu,

3.Persiapkan sajeng/nira untuk di masukan ke dalam wajan dan jangan lupa di saring terlebih dahulu.

4.Sajeng/nira di masak sampai mendidih dan sampai semengka.

5.Setelah semengka bahan gula merah itu di kasih ampas kelapa,kalo tidak ada ampas boleh di kasih minyak goreng sedikit.gunanya untuk membantu mempercepat pengentalan sajeng/nira.

6.Selama sajeng/nira itu semengka,harus di aduk terus menerus sampai sajeng itu matang.sajeng yang sudah matang dan bisa di turunkan dari pawon ciri cirinya :

a.Gelembung gelembung sajeng mulai sedikit/jarang.

b.Warna sajeng kuning ke coklat coklatan

c.Sajeng sudah mulai kekel/kental

7. Setelah sajeng itu matang,di aduk terus dan di kitit,sambil di kitit tepi wajan di kasih gula pasir sedikit,gunanya untuk tular supaya gulanya cepat kering.

8.Setelah itu baru gula itu di cetak menggunakan cetakan,cetakan ini biasanya ada yang menggunakan potongan bambu yang kecil lubangnya sesuai kinginan,ada juga yang menggunakan papan yang di bikin cowakan cowakan seperti mangkok,tapi kalo yang ini harus di dasari dengan plasti supaya dalam pengambilan waktu gula sudah kering mudah.

9.Setelah gula sudah di cetak di diamkan beberapa menit,kalo gula itu sudah keras baru gula itu di lepas dari cetakan.

10.Proses pendinginan,sebelum gula merah di simpan terlebih dahulu gula merah itu di dinginkan,supaya dalam penyimpanan tidak leleh/lembek.

Proses pembuatan gula merah ala jladri sudah selesai

Perlu di ingat beberapa hal untuk menghasilkan gula merah yang bagus :

1.Sajeng/nira jangan yang sudah basi,ciri cirinya :warna sajeng sudah berubah dan baunya lain.

2.Api untuk memasak harus kontinyu,jangan sebentar sebantar mati,itu juga mempengaruhi hasil gula

3.Pemakaian bahan pengawet sesuai dengan label yang tertera pada bungkus bahan pengawet itu sendiri.

4.Menghentikan pemasakan harus benar benar di pahami,banyak para pembikit gula merah gagal karena hal tersebut.

Lakukan proses pembuatan gula merah dengan teliti dan kejelian.biasanya para pemula sering mengalami kegagalan karena kurang memperhatikan ke 4 hal di atas.

Selamat menoba dan sekses…………………………………..

About these ads

43 Tanggapan to “Cara Membuat Gula Merah”

RSS Feed for Jladri Garden Comments RSS Feed

wes tak jajal,
kok malah remuk gulane? tur puuaiiiiiiit….
heheh.

mas…………..sahrudin…..
sing jenenge gula yo lueeeeeeegi lah,masa gula pait….
nek ruemuk yo ra mungkin,soale gula kui lengket ..
he he he ……….
kesuwun wis mampir nang jladri garden.

wah remuk aku mikirne gulo jowo enake opo digawe makani wong weteng gedi-gedi iku to

Hi Bro

Di daerah kami (Bumiayu-Purwokerto)
masyarakat ada sebagian pengahil GULA MERAH dari Nira Kelapa.

Lewat Komentar ini,
Masyarakat Jladri Garden memasarkanya kemana. . ?
dan berapa harganya. . ?
karena saya melihat warga kami harga gulanya di kendalikan tengkulak.

bagai mana cara penyimpanan gula merah agar tidak lekas mencair….trims

# Mas, untuk penyimpanan kami biasanya hanya membungkus dengan kantong plastik yang biasa di gunakan . Untuk mengantisipasi ketahanan (tahan lama) kami mengikat rapat, terus penataannya tidak di tumpuk. Yang penting tidak ada tekanan satu sama lain.
Gula akan mencair (genyeh) jika menutupnya tidak rapat dan di tumpuk atau terlalu padat. Cara kami seperti itu, jika teman-teman ada cara yang lebih bagus kami minta infonya. Tanks……

di daerah aq (andai sikek, padang pajang padag sumbar0
kami memproduksi gula merah dari bahan dasar tebu.
kami hanya mengunakan kuali besar untuk proses pemasakan dan mengunakan sendok dari kayu untuk mengocok, cetakan yang kami gunakan terbuat dari tempurung(batok kelapa)yang dibelah 2. setelah itu di biarkan pada udara terbuka sampai kering. sekarang saya lagi TA ( tugas Akhir) tentang gula merah, tentang bagaimana pengaruh kelembapan terhadap proses p[elelehan gula merah. saya kesulitan dalam mencari data. saya mohaon bantuannya jika ada leteratur tentang judul TA saya ini tolong kirim kan ke email saya selain_hm@yahoo.co.id

Waduh…….mas hamni, kalau leteratur aku tidak begitu paham mas. Tapi, sepengetahuan kami, jika gula merah sudah dicetak dan sudah didinginkan, itu sebaaiknya disimpan ditempat yang kering, tidak lembab, dan dibungkus dengan plastik serapat mungkin. Dan, dalam penyimpanan jangan sampai ditumpuk-tumpuk, jika ditumpuk nanti gula akan mudah meleleh, apa lagi plastiknya tidak benar-benar rapat.
Jika mas hamni membutuhkan data, kami tidak punya data yang spesifik, soalnya itu hanya pengalaman saja. Selamat mengerjakan tugas, semoga berhasil.

masakan apa saja yang menggunakangula merah?

aku wegah meneke., lha piye nek arep belajargula.,

agak sedikit berbeda cara dengan yang ada di tempat saya ya tapi sama sama gula heheheh
salam Gunung Kleir

Gula Merah?mantap sekali jika di seduh bersama jahe..hmmmnyam2x

salam knal kemawon
kesuwun

saya mempunyai gula merah, kebetulan beli 500 kg, gak tau kenapa jadi mencair, lembek, terus gimana caranya supaya bisa keras lagi dan bisa dicetak lagi…makasih..maturnuwun…

oke mas Hary…..

Langsung saja ya mas. Kenapa gula mas Hary mencair? Biasanya gula merah mencaik karena cara penyimpanan yang kurang diperhatikan, seperti bungkus yang kurang rapat dan ditumpuk misalnya. Kelemahan gula merah sebenarnya disitu, coba mas Hary membungkus gula dengan plastik yang lebih rapat, atau penyimpanannya jangan ditumpuk, tapi ditata perpak/perbungkus. Untuk mengefesien tempat, boleh ditumpuk tapi perbungkus diatasnya dibikin seperti sap-sap dengan papan supya gula yang paling bawah tidak tertekan oleh gula yang diatasnya.

Sedang untuk gula yang sudah mencair (BS), masih sangat bisa dicetak kembali, tapi biasanya gula BS bisa dicetak dengan dicampurkan dengan bahan gula yang aslinya (nira). Kalau tidak, coba saja mas Hary masak kembali gula yang mencair tersebut dan dicetak sesuai dengan keinginan mas. tapi, biasanya gula yang sudah BS tidak mau keras seperti yang aslinya.

Oke………..itu saja dulu mas Hary, kapan-kapan disambung lagi.

Salam kenal.
Bagaimana cara mengambil nira.. tolong info yg detail
Mau bikin di PNG nihh

wah, pengetahuan nih…jadi ada alternatif lain kalo kena PHK :) makasih infonya mas :)
salam kenal :)

waduh……..mba Lenny, saat ini saya belum bisa memuliskan yang lebih detail. suatu saat pasti tak tuliskan, mungkin dengan essay photo.

thanks atas informasinya soalnya buat tugas scholl cuyz

klo ke sini bawa oleh2 gula merah yah mas?di sini gulanya lain.he..he..

kalau nira sulit mengental sehiongga tidak bisa dicetak bagaimana cara mengatsinya

klo bikin gula secara sederhana/rumahan dari tebu caranya bagaina?

asalamu’alaikum wr wb
salam kenal
bagi rekan2 yang membutuhkan gula merah asli dari petani yang berasal dari sokawera Banyumas dapat Menghubungii
087878117381

mas,seumpama bahannya dari tebu apa sama persis pembuatannya?soalnya pas saya membuat kok hasilnya kurang keras.apa ada bahan kimia lain yang dibutuhkan?.trimakasih

kalo di pasaran sy sering melihat ada bbrp jenis gula sesuai bahan bakunya spt kelapa, nira , tebu dll, ttp katanya ada juga gula yg sudah di campur dg bahan lain shg harganya lbh murah. Biasanya di campur dg bahan apa sih mas shg bisa tetap keras, trim

Makasih infonya,semoga bermanfaat

Emang betul tu kang

saya mau tanya kalau gula jawa sudah hancur (SUPER) bisa dimasak lagi ndak untuk cetak ulang

Sip temen infone kang. lagi golet info tentang gula merah dari kemarin. jebule ana neng kene. Matur nuwun.

Salam kenal mas..
Saya tertarik dengan artikel di atas. .
yang ingin saya tanyakan,di daerah saya untuk petani gula merah,mereka menggunakan kemasan dari daun pisang yg sudah kering,atau sjenis dedaunan. .
Jadi,bagaimana pengaruh,kelemahan dan keefisienan jika menggunakan kemasan dari dedaunan. . ?
Terima kasih banyak atas imformasinya. .

makasih infonya sangat bermanfaat, saya ingin mencobanya.semoga bisa.

klu boleh menambahkan…kemasan gula merah yang dikemas dengan daun pisang yang sudah kering itu, itu hanya untuk pengawetan gula merah secara tradisional..bukan hanya kemasan saja yang baik, taoi juga baik untuk tetap menjaga kondisi gula itu biar tetap apik.

mau beli gula merah dengan harga tinggi.hub:021-87902688.umar hadad

Tengkyu atas infonya. Saya ambil untuk membuat cerita anak

untuk kapasitas produksinya??jumlah bahan dan produk yg dihasilkan berapa?

suplier gula merah ukuran silinder kecil, lihat di:

http://gulamerahmb.wordpress.com/

Saya juga suplier gula jawa,lho asli dari banyumas,mapir yuuk, ke blogku

Ass.Wr. Wb
Sy edy produsen gula merah dari tebu, saat ini kmi bisa memproduksi gula merah rata2 1 ton / hari dengan kualitas bagus. Harga ditempat kmi ( Tulungagung – Jatim )antara Rp5.500 – Rp 6.500 per kg. Bagi yang berminat silahkan menghubungi 081318970791

Info nya sangat berguna bagi saya sebagai penjual gula aren…yang memerlukan gula aren super dan yg biasa…hubungi saya di no 081214621789

ternyata tiap daerah memiliki tekhniknya masing-masing ya.

Mas, numpang ngiklan ya:
supplier gula merah / jawa ukuran silinder kecil, silakan masuk ke

http://gula-merah-mb.blogspot.com/

atau

http://gulamerahmb.wordpress.com/

thanks

kini gula merah MB telah memiliki website sendiri, silakan kunjungi:

http://gula-merah.co.id/

Waduh ternyta ssh jg y bkin gula merah…spa yg mau bisnis gula ma saya hub 085294398618 saya siap mengeluarkan gula sebanyak banyak nya bagi yang berminat kirim sample gulanya y di alamat aku di jalan paseh gunung ceuri 1 gunung huma rt 1 rw 10 tasikmalaya jawa barat kode pos 46125 kalau mau kirim sample sms dulu y biar aku nya di rumah

TERIMA KASIH ATAS PENGAJARAN TUAN/PUAN…

TETAPI BAHASA YANG DIGUNAKAN SAYA KURANG BISA, SEBAB SAYA ORANG MALAYSIA…

WALAUBAGAIMANA PUN.. RIBUAN TERIMA KASIH…

bagi rekan2 yang mau berbisnis gula merah, partai kecil dan besar dapat menghubungi kami di 081362287188/06177069678, jl garu 1 no 82 medan , syamsul hadi, thx

iiiiiiiiiih pengennya gula aren bukan gula merah -________-

pengennya gula areeeeeeen bukan gula merah


Komentar ditutup.

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: