Akibat nikah muda

Posted on Maret 20, 2008. Filed under: Keluarga |

Jaman sekarang banyak kejadian anak muda terjebak dalam pernikahan ¨kawin muda¨,yang sekarang ini sering terjadi di masyarakat dan banyak sekali dari mereka yang tidak tau apa pernikahan yang sebenarnya ¨arti dari sebuah penikahan itu sendiri.¨.

Kejadian yang menimpa keluarga ¨sebut saja jon¨ warga pakuran kec.Buayan Kab.Kebumen. Sore itu 19/03/08 jon menghubungi saya lewat telepon,dia menceritakan kondisi rumah tangganya. Saat ini kondisi rumah tangganya sedang hangat ¨ribut¨,mungkin itu adalah sebuah bumbu dalam berumah tangga,tapi kalau terus menerus ribut itu bukanlah bumbu rumah tangga tapi jadi masalah.

Jon mengeluh karena istrinya tidak pengertian,kurang bersukur dengan penghasilan yang di dapatnya,dan tidak menghargai kerja kerasnya. Seakan jon putus asa,dari nada bicaranya sudah memprihatinkan,kasihan sekali terdengarnya. Itulah akibat dari pernikahan muda yang di alami,yang masa-masa mudanya harus terputus sampai di situ karena ada keterikatan dalam keluarga. Ketika ada masalah,tidak bisa menyelesaikan dan itu terjadi terus menerus,bagaimana bisa menyelesaikan,ada sedikit masalah lari ke orang tua,jadi sifat kekanak-kanakannya masih ada,iya kalau orang tuanya bisa memberi pengarahan dan mau berubah,mungkin bisa teratasi dan selesai masalah itu,kalau tidak?,yang ada masalah menumpuk dan akibatnya pisahan ranjang bahkan terjadi perceraian.

Saat ini jon sedang bingung,apakah bisa memperbaiki sifat istrinya apa tidak,melihat sifat istrinya yang seperti itu,harapan jon istrinya bisa berubah,kalaupun tidak jon akan mengembalikan ke orang tuanya dan bisa jadi menceraikannya.

Dulu mungkin jon terlalu cepat mengambil keputusan untuk nikah,tapi tidak memikirkan akibat-akibatnya,di kira nikah itu enak dan memjamin bisa bahagia,tapi apa yang terjadi sekarang ini setelah mendapati masalah,sebuah penyesalan yang dirasakan.

Mengambil keputusan nikah muda harus benar-benar di pikirkan lebih serius,soalnya itu menentukan kehidupan yang akan di jalani kedepannya,jangan memikirkan enaknya aja tapi pikirkan akibat-akibat yang akan di jalani,berani mengambil keputusan nikah muda berarti berani menanggung resiko seperti yang di alami jon,maka dari itu sebelum semua terjadi maka pikirkanlah dulu.Ataukah mungkin karena sewaktu pacaran dulu belum kelihatan sifat-sifat yang aslinya,sehingga memutuskan untuk menikahinya ?,jadi,sebelum menikah ketahuilah dulu bagaimana sifat dan karakternya,supaya tidak ada penyesalan setelah menikah nanti.

Jika keributan dalam keluarga yang berkepanjangan,kasihan,anak yang tidak tau apa-apa harus ikut menjadi korban,beban pikiran bagi anak jika kedua orangtuanya bertengkar terus,bahkan bukan sekedar dari anggota keluarga yang ikut kena imbasnya,bisa juga tetangga kita juga kena karena keributan yang sering terjadi. Pikirkanlah sebelum menikah,apakah memang benar-benar sudah siap apa belum ¨jangan cuma siap di malam pertamanya aja,masa cuma enaknya yang siap¨,lihatlah umur,kiranya sudah ideal apa belum,jika jawaban belum semua maka janganlah mengambil keputusan untuk menikah lebih dini.

About these ads

16 Tanggapan to “Akibat nikah muda”

RSS Feed for Jladri Garden Comments RSS Feed

lihatlah umur,kiranya sudah ideal apa belum,jika jawaban belum semua maka janganlah mengambil keputusan untuk menikah lebih dini. >>> mohon maaf, sekedar sharing saja. Menurutku umur bukanlah ukuran kesiapan seseorang dalam mengambil keputusan untuk menikah…
ada ko yang udah menikah dan masih belia tapi dia sudah bisa menjalani kehidupan berumah tangga selayaknya mereka yang sudah berumah tangga beberpa tahun..
menurutku yang jadi pertimbangan adalah kedewasaan seseorang. :)
terima kasih

semangatt menulis

# terimaksih,kayaknya muja sudah lebih tau masalah ini. Tapi,ngomong-ngomong kapan nih…………..:)

hehe

artikel yang menarik :)

jadi mikir2 buat nikah muda, hehehe

Salah seorang dari anggota narziest gank berniat untukmenikah muda,tau alasannya kenapa???karena dia takut melanggar komitmen yang telah dibuat untuk TIDAK MELAKUKAN STUDY KELAYAKAN (PACARAN). Dia trauma menghadapi problema yang telah dihadapi oleh keluarganya dan teman-teman yang ada di sekitarnya. Kami sangat prihatin dengan keputusan yang diambilnya tanpa pikir panjang. akhirnya kami membuka blog ini untuk memberinya PENCERAHAN. Kasihan kan anggota kami ini. By Leader, diketahui oleh Sek-Jend, dan disahkan oleh General Advicer

Di masyarakat Indonesia, menikah muda bukan hal yang asing lagi. Sudah sejak dulu! Banyak yang dari mereka dijodohkan, atau disuruh segera kawin. Biasanya seh dari pihak perempuan guna meringankan beban orang tua.

kira2 idealnya berapa mas dariman ;)

Kalau menurutku idealnya sih ketika orang tersebut sudah dewasa, dalam artian dewasa itu dewasa pemikirannya, bukan dari bentuk fisik atau batasan umur. Kira-kira seperti itu. Tapi, jika melihat dan mempertimbangkan umur, saya lebih condong keumuran kira-kira diatas dua puluhan, tapi tidak terlalu lebih dari umuran tiga puluhan.

Apabila dinas pernikahan dan jajarannya lebih tegas dan jujur, menurutku kemungkinan besar terjadinya pernikahan dibawah umur tak akan terjadi, dan kemungkinan juga kasus-kasus yang tidak diinginkan dalam rumahtangga juga lebih terminimalisir. Sayangnya saja, dari dinas masih terlalu lunak. Contohnya saja pernikahan yang sering terjadi didaerah saya. Masa tamat SMP/MTs langsung merid, itu kan lucu.Bagaimana nanti keluarganya?

mamih syafiq juga nikah muda 23 thn. tapi alhamdulillah baik2 aja. makanya mas dariman,,nyusul dong

Do’a-in aja mba, biar cepet nyusul …….. :D

kang, sunahnya 25. nek nikah aku diundang ya..!!!
:D :D :))

saya setuju dengan pendapat muza. yang penting komitmen, bertanggung jawab dan siap menerima apa adanya.

Menurut gw sih,susah mudahnya menjalani rumah tangga itu tergantung faktor ekonomi. Kalo org itu mapan dalam hal ekonomi gw yakin pasti akan baik2 aja. Setidaknya prosentase keberhasilannya dalam menjalani rumah tangga jauh lebih besar dari yg ekonomi lemah. Bayangin aja, kalo kita punya duit banyak , kita bisa bayar pembantu buat ngurusin pekerjaan rumah yang numpuk, buat ngasuh anak kecil. Begitu jg kalo anak sakit, kita tinggal bawa ke dokter. So, semua masalah akan teratasi jika ada uang. Karena kebanyakan kasus pertengkaran dalam rumah tangga itu karena faktor ekonomi. Betul gak ? Asal jangan kepikiran buat poligami aja, mentang2 banyak uang.He..he..Kesimpulannya jika anda sudah mapan dalam hal materi, gak usah takut untuk menikah, karena sesungguhnya nikah itu jauh lebih baik daripada hidup sendiri. Tapi kalo belum mapan, lebih baik berpikir 1000x untuk melakukannya, daripada menyesal belakangan.

ya mbuh lah

maka dri itu jngan kwin muda beraaaat ke dpan nya ingeeet rmh tanga itu bkan untuk seharin tpiiiii untuk slama nya apa btuuuuul

betULLLLLL bUUuuaAAANGEEEET tUe,.,ZBLm TERlAmBAT LEbih baik pikir dulu,.kecuali kita dah dalam keadaan mapan,.kita dah punya bekal yang cukup buat masa depan kita klaupun kita muda tp bisa menata sesuatu untuk masa depan,.nikah muda jg gax papa,.,yang penting inget!,.pkirkan dulu apa yang kita miliki untuk masa kedepannya,.

hmmm,,,,iya juga, makanya q pengen nyenengin diriku dulu sebelum nanti masa pernikahan itu tiba. makasih infonya

ya sagat hebo sekali masalah nika tampa pikir terlebih dahulu,,ex di kampg saya,,,,,, byx pemuda yg terjer


Komentar ditutup.

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: