Tidak mudah menjadi penulis

Posted on April 1, 2008. Filed under: BELAJAR |

Banyak hal yang saya lalui dalam belajar menulis,ternyata belajar nulis tidak semudah yang saya bayangkan,banyak hal yang harus saya pelajari,seperti cara,tehnik,pemahaman,dan yang lain. Banyak sekali jenis-jenis tuisan,dari yang bentuk laporan,makalah,surat kabar,novel,cerpen,dan seterusnya. Jenis tulisan yang saya pelajari adalah jenis berita,ternyata untuk menulis sebuah berita tidaklah mudah,begitu juga dengan menulis jenis tulisan yang lain. Kendala saya dalam menulis berita adalah sulitnya meliput sebuah berita,entah itu jenis berita tentang pertanian,bencana,pendidikan dan lainnya. Di samping itu,saya juga kurangnya pengetahuan,jadi,susah untuk mengembangkan berita-berita yang sudah saya dapat.

Berita yang sudah di dapat,harus di olah lagi supaya jadi berita yang mengasyikan,enak di baca,mudah di pahami,dan seterusnya. Pembaca akan merasa enak membaca,jika bentuk tulisannya singkat,padat,dan mengena. Dalam penulisan berita hal tersebut harus benar-benar di perhatikan lebih serius,jika tulisan berita tersebut ingin di katakan tulisan yang bagus.

Di samping dari keterangan di atas juga perlu di perhatikan jika belajar menulis,ada satu kendala yang sangat sulit untuk di hindari dalam proses belajar menulis,hal tersebut adalah keadaan untuk menulis yang tidak mut ¨males¨,dalam keadaan yang tidak mut,tulisan tidak akan sebagus yang di inginkan,padahal yang seharusnya tulisan itu akan bagus. Kondisi tubuh juga mempengaruhi hasil tulisan,tubuh yang tidak fit juga mengurangi hasil tulisan tersebut.

Memang sulit untuk mengatasi hal yang satu ini,di samping tubuh yang fit,muit untuk menulis juga menentukan hasil tulisan. Maka dari itu sebelum memulai menulis lihatlah faktor-faktor tersebut,jangan sampai mengabaikan hal-hal yang mungkin di anggap sepele atau mudah. Kebiasaan mengabaikan hal yang sepele bisa menghambat dalam proses belajar menulis seperti yang sedang saya lakukan.

Sangat sulit untuk merubah kebiasaan menulis,pemaksaan diri untuk selalu menulis harus dilakukan,tanpa ada pemaksaan diri,untuk merubah kebiasaan sangatlah sulit. Pertama memang harus di paksakan,lama kelamaan juga menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan menulis,akan memudahkan untuk menulis sesuatu,seperti menulis berita,makalah,cerpaen,novel,dan seterusnya. Maka dari itu,kebiasaan menulis harus di tekankan bahkan di paksakan sebelum menulis menjadi sebuah kebiasaan.

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

