Bukan hanya uang

Posted on Juli 17, 2008. Filed under: BELAJAR |

Kisah dua anak yang beda pemikiran dan karakter. Sebut saja Rian dan Rewo, mereka tinggal di sebuah kampung yang tidak terlalu jauh dari kota. Sejak kecil Rian dan Rewo selalu bersama, entah di sekolah ataupun dalam bermain, walaupun mereka selalu bersama dalam pergaulan tapi karakter mereka berbeda. Rian anak yang suka belajar, menbaca buku, mengamati, dan mencoba apa yang dia tau. Rian bukanlah anak pemalu, sesuatu yang tidak tau dia selalu bertanya dan mencari jawaban keingintahuannya. Rian tergolong anak yang suka bekerja keras. Sedikit berbeda dengan Rewo, walaupun rewo suka belajar, tapi Rewo tidak suka membaca buku, mengamati apa yang dia pelajari,  dan tidak pernah mencobanya. Rewo adalah tipe anak yang acuh.

Dari perbedaan tersebut terlihat ketika Rian dan Rewo beranjak dewasa. Teringat pelajaran sekolah dulu bahwa menabung itu berupa uang, sampai kapanpun pemikiran Rewo tetap seperti itu, karena yang diterima Rewo saat sekolah jika menabung pasti uang bukan yang lainnya. Tidak ada  pemikiran yang lain dalam benak Rewo selain uang, anggapan masyarakat luaspun sama seperti dalam pemikiran Rewo. Berbeda dengan pemikiran Rian. Rian menganggap menabung bukan hanya berupa uang, banyak hal yang perlu ditabung dalam hidupnya. Tidak hanya uang yang Rian tabung, Rian juga banyak nabung ilmu-ilmu pengetahuan, nabung kepercayadiri, nabung pengalaman, nabung pergaulan, dan lebih banyak lagi yang Rian tabung. Tidak heran jika Rian lebih dari Rewo, lebih banyak teman, percaya diri, dan lebih berwawasan.

Karena kelemahan Rewo yang tidak suka membaca buku, mengamati, mencoba, dan tidak bisa mengembangkan diri, kini Rewo bingung karena tidak bekerja. Sebenarnya banyak pekerjaan disekitar kita jika kita mampu mengembangkan diri. Seperti apa yang dilakukan Rian, Rian tidakperlu bingung mencari pekerjaan, karena dia mampu mengembangkan dirinya.

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: