BELAJAR

Info terbaru Kebumen

Posted on Januari 29, 2012. Filed under: BELAJAR, Bisnis, Cerita, jladri, Keluarga, Pengalaman |

Halo bro, sis, kang, mbakyu, pakde, bude, sa piturute…………….

Ada kabar baru nih dari Kebumen, khususnya terkait tentang dunia blog, alias Go Blog, ha ha ha ha ha ha ha ……..

Kini, Dariman kembali lagi untuk belajar nge-blog, ya….. seperti dulu, belajar bagaimana menuangkan ekspresi kedalam blog, baik tulisan atau dengan gambar-gambar.

Sekarang menampilkan blog yang berbeda, kalau dulu seputar gula jawa, lingkungan, dan sebagainya. Dan itu juga lebih banyak disajikan dalam bentuk tulisan-tulisan, kali ini Dariman akan lebih banyak menyajikan dengan bentuk gambar-gambar.

Walaupun isinya tentang bagaimana cara membuat gula, nanti akan disajikan dengan gambar-gambar, agar proses-prosesnya lebih mudah dipahami. Begitu pun dengan informasi-informasi lainnya, salah satu blog adalah http://landscapenow.blogspot.com/

dan yang satunya lagi blog yang lebih spesifik, yaitu blog hitam putih, semua gambar yang akan dipublikasikan di blog ini http://photoblackwhite.blogspot.com/ gambar-gambar hitam putih

Mungkin suatu saat nanti, juga ada blog-blog lain, dan kali ini Dariman akan lebih spesifik dalam membuat blog. Ya, silahkan mampir diblog barunya ya…….

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Gerakan Bloger Kebumen

Posted on Februari 4, 2009. Filed under: BELAJAR, jladri, Ngobrol |

Hayooo sedulur kabeh………. gerak kena maning bloger Kebumen.

logo

Dadekena bloger kebumen kaya slogan sing digawe nang kanca-kanca bloger ” Bangga jadi anak Kebumen

Lah mene bisa dibanggakan kaya slogan sing nang nduwur kue kepiwe ? Ayuh….siki uripena maning, bareng-bareng ngramekena, bareng-bareng bangun manig, lan…………..sing penting bisa dibanggakan 😀

Kepriwe carane ? Kue gampang ……………

Mau bengi (malem rebo pon, 3 februari 2009) aku, Imam, karo kang Rohman ngobrol-ngobrol, kepie nek bloger kebumen di gerakena men bisa dibanggakan. Nah….kaya bloger kebumen kan siki singurusi ora pada nang kebumen, dadi, ingsine kue ya……ora informasi tentang kebumen, malah ingsine ake’eh pada nempel iklan, kampanye, lan seteruse………..

Dadi, ayuh………sedulur sing esih manggon nang kebumen, ya melu ngingsi bloge bloger kebumen kue, men ingsine ora kur iklan karo kampanye. 😀 Nek arep nempel iklan ya ora papa, tapi kue nang kolom iklan dewek. Mengko njerone ingsine ya seputar kebumen, artikel, tips-tips, lan seteruse……………

Lah……..nang ngobrol-ngobrol mau bengi. Rencanane bloge bloger kebumen arep ditukokena hostingan nang kang Rohman, lah domaine nang kang Imam. Kira-kira kepiwe mengko sing ngurusi ?

Mbengi aku ngomong karo kang Rohman, kang Imam. Mengko sing ngurusi bloge aku ya ora papa, tapi, kanca-kanca berpartisipasi aktif nang njerone, dadi sing ngisi dudu kur aku, tapi sedulur kabeh. Terserah mengko arep ngisi apa, sing penting kanca-kanca ya melu ngisi, nek saking sibuke ora isa ya……..minimal niliki bloge.

Kira-kira kepiwe, sedulur ………???

Ngesuk di sambung maning.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 35 so far )

Manfaat media “Dunia maya”

Posted on Januari 17, 2009. Filed under: BELAJAR, Cerita, Pengalaman |

Sudah berhari-hari aku mencari informasi teman-teman yang dulu pernah belajar bareng, belajar foto essay di rumah joglo Syarikat. Ada Den mas bagus Seno Aji, Ipex, Indra, Deva, Budi, Ubbath, Den ayu Pipit, Ika, Roro, Okah, dan teh Suhar, dan yang jelas masih banyak teman-teman lain yang aku tidak bisa menyebutkan satu persatu. Berharap bisa menyambung tali silaturahmi dan shering pengalaman, yang jelas aku sangat membutuhkan orang-orang tersebut sebagai tempat berkonsultasi, tentunya konsultasi dibidangnya masing-masing.

kenangan-di-jogja1
(lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Ngamen bukan berarti Uang

Posted on Desember 20, 2008. Filed under: BELAJAR, Cerita, Ngobrol |

anak

Sore itu ketika matahari sedikit bergeser kearah barat, beberapa anak mencoba menghibur saya didepan rumah dengan melantunkan sebuah lagu yang saya tidak tau entah lagu apa itu (ngamen). Saya amati betul, kira-kira lagu apa yang dia nyanyikan, sepertinya dia menyanyikan lagu kesukaannya (lagu yang sedang naik daun di TV). (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 8 so far )

Bukan hanya uang

Posted on Juli 17, 2008. Filed under: BELAJAR |

Kisah dua anak yang beda pemikiran dan karakter. Sebut saja Rian dan Rewo, mereka tinggal di sebuah kampung yang tidak terlalu jauh dari kota. Sejak kecil Rian dan Rewo selalu bersama, entah di sekolah ataupun dalam bermain, walaupun mereka selalu bersama dalam pergaulan tapi karakter mereka berbeda. Rian anak yang suka belajar, menbaca buku, mengamati, dan mencoba apa yang dia tau. Rian bukanlah anak pemalu, sesuatu yang tidak tau dia selalu bertanya dan mencari jawaban keingintahuannya. Rian tergolong anak yang suka bekerja keras. Sedikit berbeda dengan Rewo, walaupun rewo suka belajar, tapi Rewo tidak suka membaca buku, mengamati apa yang dia pelajari,  dan tidak pernah mencobanya. Rewo adalah tipe anak yang acuh.

Dari perbedaan tersebut terlihat ketika Rian dan Rewo beranjak dewasa. Teringat pelajaran sekolah dulu bahwa menabung itu berupa uang, sampai kapanpun pemikiran Rewo tetap seperti itu, karena yang diterima Rewo saat sekolah jika menabung pasti uang bukan yang lainnya. Tidak ada  pemikiran yang lain dalam benak Rewo selain uang, anggapan masyarakat luaspun sama seperti dalam pemikiran Rewo. Berbeda dengan pemikiran Rian. Rian menganggap menabung bukan hanya berupa uang, banyak hal yang perlu ditabung dalam hidupnya. Tidak hanya uang yang Rian tabung, Rian juga banyak nabung ilmu-ilmu pengetahuan, nabung kepercayadiri, nabung pengalaman, nabung pergaulan, dan lebih banyak lagi yang Rian tabung. Tidak heran jika Rian lebih dari Rewo, lebih banyak teman, percaya diri, dan lebih berwawasan.

Karena kelemahan Rewo yang tidak suka membaca buku, mengamati, mencoba, dan tidak bisa mengembangkan diri, kini Rewo bingung karena tidak bekerja. Sebenarnya banyak pekerjaan disekitar kita jika kita mampu mengembangkan diri. Seperti apa yang dilakukan Rian, Rian tidakperlu bingung mencari pekerjaan, karena dia mampu mengembangkan dirinya.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Bukan hanya uang )

Merumuskan kegiatan

Posted on Juni 28, 2008. Filed under: BELAJAR |

Bambang, Sulung, Rianto, dan saya, mencoba merumuskan kegiatan yang tepat disalah satu objek wisata kawasan Kebumen selatan. Pantai Suwuk sasarannya, dinilai tempat tersebut cukup potensi untuk usaha dan perkembangan kedepannya juga lumayan menghasilkan. Awalnya Bambang mengusulkan mengadakan semacam festifal atau lomba musik band mingguan, namun setelah didiskusikan kegiatan itu kurang menghasilkan, malah lebih menguntungkan pihak pariwisata dan akhirnya niat tersebut diurungkan.

Ngobrol kesana kemari mencari kegiatan menghasilkan yang kiranya tepat ditempat tersebut belum ada, mengingat usaha yang dulu pernah saya lakukan akhirnya menemukan titik terang usaha yang akan kami lakukan, berjualan sofenir dan pakaian pantai menjadi pilihan kami. Alasan tersebut berdasarkan dari sekian banyaknya penjual di pantai belum ada yang berfikiran menjual barang-barang tersebut, kebanyakan dari mereka adalah pedagang makanan khas pantai suwuk, seperti lotek, lepet, peyek udang, peyek yutuk, dan makanan lokal lainnya.

Setelah sepakat akan berjualan sofenir dan pakaian pantai tinggal siapa yang akan menjalankan?

Ternyata sulung tertarik dengan kegiatan ini, namun dia bingung dengan modal yang akan digunakan. Dia berinisiatif akan menggadaikan BPKB miliku kebank, dengan senang hati saya mengijinkan asalkan bisa dipertanggung jawabkan. Setelah saya ijinkan dia malah bingung apa bisa mengangsur apa tidak. Melihat pengalaman dulu yang sudah saya lakukan “jualan sofenir di pantai karang boloong” saya kira silung bisa mengangsur, apalagi angsurannya kecil. Masalah berjalan dan tidaknya itu tergantung dari dia menjalankannya.

Setelah tempat dan dana ada solusi sekarang tinggal mencari barang yang akan didagangkan, saya lagi saya lagi yang jadi sasaran karena hanya saya yang tau tempat kulak sofenir dan saya juga kenal dekat dengan pedagangnya. Akhirnya saya harus mengantar dia ketempat kulak, namun baru satu tempat saya mengajaknya yang lain besok lagi kalau memang benar-benar serius akan menjalankan niat ini.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Kepala-Desa-Sidobumder-Kebumen

Posted on April 15, 2008. Filed under: BELAJAR, Ngobrol |

Kepala desa yang keren.

Beliau adalah Kepala Desa yang keren,beliau menjabat di Sidobunder,kec.Puting,Kebumen. Pak Salud panggilan akrabnya¨teman-teman ForKom PRB DAS Telomoyo memanggil beliau¨.

Beliau salah satu pengurus di ForKom DAS Telomoyo yang terbentuk atas prakarsa dari INDIPT. Saya kenal beliau semenjak saya ikut workshop Pengurangan Resiko Bencana ¨ PRB¨ DAS Telomoyo di Benteng Vander Wick Gombong 22-23/10/ 2007. Orangnya di samping pintar juga sangat supel,enak buat ngobrol,seolah-olah bukan seorang kepala Desa,pokoknya asyik deh….

Menurut cerita warga,beliau menjabat kepala Desa sudah dua periode ini,hebat bener Pak Salud. Kapan Jladri punya kepala Desa yang pinter?.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Cara bangun pagi

Posted on April 15, 2008. Filed under: BELAJAR |

Pada awalnya saya susah banget bangun pagi,padahal kepingin sekali bisa bangun pagi. Ingin melihat melihat terbitnya matahari,melihat pemandangan di pagi hari,dan sejuknya embun pagi. Suasana pagi hampir tak pernah ku jumpai,setiap hari hanya tau siang,sore,dan malam. Saya mulai sadar,ketika teman memberi nasehat ¨jangan di biasakan bangun siang,biasakanlah bangun pagi¨ ambilah pelajaran yang baik-baik saja,pelajaran yang tidak baik jangan di ambil atau jangan di tiru.

Awalnya saya coba menggunakan bantuan alarem HP,karena tidak punya jam beker,tapi alarem HP tidak membuatku berubah ¨bisa bangun pagi¨,ketika alarem berbunyi di hiraukan begitu saja,padahal niatnya kepingin bangun pagi. Sampai-sampai saya bingung mau dengan cara apa,suatu ketika muncul ide dalam pikiran ¨bagaimana kalau ceweku saja yang miscall membangunkanku,dan membuat kesepakatan¨. Akhirnya saya dan Sifa membuat kesepakatan,Sifa harus miscall setiap pagi membangunkanku,dan saya harus sms Sifa setelah saya bangu. Dengan cara itu akhirnya saya bisa bangun pagi dan bisa menikmati indahnya di pagi hari.

Sudah dua hari ini saya menikmati suasana pagi hari,itu juga karena Sifa yang membangunkan,kalau bukan Sifa males banget bangun. Karena ada keterikatan,keterikatan seolah-olah ada unsur pemaksaan diri untuk bangun pagi,tapi tidak jadi masalah,ini demi kebaikan ¨ bangun pagi¨. Berawal dari pemaksaan diri semoga bisa menjadi kebiasaan.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Tidak mudah menjadi penulis

Posted on April 1, 2008. Filed under: BELAJAR |

Banyak hal yang saya lalui dalam belajar menulis,ternyata belajar nulis tidak semudah yang saya bayangkan,banyak hal yang harus saya pelajari,seperti cara,tehnik,pemahaman,dan yang lain. Banyak sekali jenis-jenis tuisan,dari yang bentuk laporan,makalah,surat kabar,novel,cerpen,dan seterusnya. Jenis tulisan yang saya pelajari adalah jenis berita,ternyata untuk menulis sebuah berita tidaklah mudah,begitu juga dengan menulis jenis tulisan yang lain. Kendala saya dalam menulis berita adalah sulitnya meliput sebuah berita,entah itu jenis berita tentang pertanian,bencana,pendidikan dan lainnya. Di samping itu,saya juga kurangnya pengetahuan,jadi,susah untuk mengembangkan berita-berita yang sudah saya dapat.

Berita yang sudah di dapat,harus di olah lagi supaya jadi berita yang mengasyikan,enak di baca,mudah di pahami,dan seterusnya. Pembaca akan merasa enak membaca,jika bentuk tulisannya singkat,padat,dan mengena. Dalam penulisan berita hal tersebut harus benar-benar di perhatikan lebih serius,jika tulisan berita tersebut ingin di katakan tulisan yang bagus.

Di samping dari keterangan di atas juga perlu di perhatikan jika belajar menulis,ada satu kendala yang sangat sulit untuk di hindari dalam proses belajar menulis,hal tersebut adalah keadaan untuk menulis yang tidak mut ¨males¨,dalam keadaan yang tidak mut,tulisan tidak akan sebagus yang di inginkan,padahal yang seharusnya tulisan itu akan bagus. Kondisi tubuh juga mempengaruhi hasil tulisan,tubuh yang tidak fit juga mengurangi hasil tulisan tersebut.

Memang sulit untuk mengatasi hal yang satu ini,di samping tubuh yang fit,muit untuk menulis juga menentukan hasil tulisan. Maka dari itu sebelum memulai menulis lihatlah faktor-faktor tersebut,jangan sampai mengabaikan hal-hal yang mungkin di anggap sepele atau mudah. Kebiasaan mengabaikan hal yang sepele bisa menghambat dalam proses belajar menulis seperti yang sedang saya lakukan.

Sangat sulit untuk merubah kebiasaan menulis,pemaksaan diri untuk selalu menulis harus dilakukan,tanpa ada pemaksaan diri,untuk merubah kebiasaan sangatlah sulit. Pertama memang harus di paksakan,lama kelamaan juga menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan menulis,akan memudahkan untuk menulis sesuatu,seperti menulis berita,makalah,cerpaen,novel,dan seterusnya. Maka dari itu,kebiasaan menulis harus di tekankan bahkan di paksakan sebelum menulis menjadi sebuah kebiasaan.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Tidak mudah menjadi penulis )

Kegelisahan kemampuan untuk mengerjakan tugas

Posted on Maret 28, 2008. Filed under: BELAJAR |

Untuk kesekian tugas baru kali ini yang dirasa sangat berat,kenapa saya mengatakan begitu ?,karena saya tidak tau materi yang akan saya tulis pada tugas kali ini. Menurut pelajaran menulis yang pertama kali di ajarkan kang tajib adalah ¨tulislah apa yang kamu tau,jangan kamu menulis sesuatu yang kamu tidak tau.¨,kata-kata itu yang selalu teringat. Memang benar apa yang di katakan kang tajib,setelah saya pratek,ketika menulis sesuatu yang tidak tau,di tengah penulisan saya kehabisan materi. Mungkin itu yang di maksud kang tajib.

Kali ini saya di beri tugas untuk menulis tentang kekerasan dalam rumah tangga ¨KDRT¨,kenyataan selama ini saya tidak tau masalah KDRT. Mungkin saya harus lebih belajar tentang masalah itu,ini untuk mempermudah dalam menulis tentang KDRT yang di tugaskan kang tajib kali ini. Dengan membaca artikel di sini sedikit terarah untuk menulis,ya,walaupun belum mulai menulisnya,tapi setidaknya ada sedikit gambaran untuk menilis tentang KDRT.

Jumát 28/03/08 pukul 13.00WIB,ada acara diskusi di Aula Kantor PD.Muhammadiyah Kebumen jl.Indrakila Kebumen dengan tema mencari solusi meningkatnya kasus perceraian di Kebumen. Saya di tugaskan untuk memberitakan hasil pelaksanaan diskusi tersebut dalam situs ini.

Dalam pikiran apakah saya mampu untuk membuat artikel yang nantinya layak akan di terbitkan dalam situs indipt online ?,perasaan yang tidak percaya diri timbul dalam benak hati,perasaan khawatir juga menghantui pikiran,mampukah saya menjalankan tugas ini ?. Akan berusaha sebisa mungkin untuk membuat artikel yang layak untuk di terbitkan dalan situs indipt online,ini awal dari perjuangan yang selama ini menjadi sebuah harapan.

Ya,walaupun nantinya tidak bisa membuat artikel yang layak untuk di terbitkan di situs indipt online,saya tidak akan patah semangat untuk belajar menulis lagi,soalnya bisa menulis dan bisa jadi wartawan adalah harapan yang saya dambakan selama ini. Begitu berat untuk menjadi penulis yang baik,setiap hari harus menulis,menulis,menulis,dan menulis. Kadang timbul rasa malas,bosan,jenuh,dan sebagainya,tapi dengan tekad dan harapan yang kuat hal tersebut bisa reda.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Kegelisahan kemampuan untuk mengerjakan tugas )

Teknologi

Posted on Februari 27, 2008. Filed under: BELAJAR |

Di daerah terpencilpun ada sebuah depot air minum,tepatnya di desa jladri dukuh bedug.soerang pemuda yang cuma lulusan SMK berani membuka depot air minum di daerah terpencil seperti bedug,kalau di lihat dari tempatnya aja jauh dari jalan raya bagai mana prospek kedepannya…..?waaah luar biasa keberaniannya. (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Cara Membuat Gula Merah

Posted on Februari 2, 2008. Filed under: BELAJAR |

Silahkan kunjungi kategori Ekonomi di  NgapakNEWS.com

Antau anda juga penggemar gambar-gambar asyik, silahkan kunjungi juga di http://photoblackwhite.blogspot.com/

Pada umumnya masyarakat desa jladri memproduksi gula merah,mungkin ini adalah suatu produktifitasnya masyarakat desa jladri.jladri merupakan salah satu desa penghasil gula merah ter banyak,tengkulak gula merah dari berbagai daerah seperti (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 43 so far )

Cara Mengambil Air Sajeng(Nira)

Posted on Februari 1, 2008. Filed under: BELAJAR |

img_2381.jpg
foto Dariman

Kebanyakan warga desa jladri melakukan aktifitas mengambil air (sajeng)nira,dan mungkin itu adalah salah satu mata pencaharian warga desa jladri.itu adalah aktifitas yang selalu di kerjakan terus menerus tanpa henti setiap hari.

Sebelum kita belajar cara mengambil air sajeng(nira),kita tengok dulu,sebenarnya air sajeng(nira) itu apa sih…………? (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...