Ngobrol

www.tajibfoundation.com

Posted on Juni 16, 2009. Filed under: Cerita, Curhat, jladri, Keluarga, Ngobrol |

Blog TF sudah gak hidup – silahkan akses NgapakNEWS.com, karena situs ini juga membawa semangat TF

Beberapa waktu lalu “kalau ndak salah sekitar dua bulan yang lalu” saya telah membangun gubuk baru (http://dariman.info). Gubuk tersebut adalah gubuk pribadi, yang conten-nya juga keluarga pribadi. Dalam perjalanannya, ternyata gubuk tersebut jarang dihuni. Tak luput dari seminggu sekali. Walau demikian, saya sangat berharap gubuk tersebut bisa menjadi tempat berteduh dan berlindung, Ketika hujan badai dan teriknya matahari menerpa bumi.

Saat ini, saya diajak seorang sahabat. Dia adalah orang yang sangat berjasa dalam kehidupanku. Kang Tajib, sebutan akrabnya.

Saya diajak untuk ikut conten dalam sebuah padepokan, padepokan tersebut bernama Tajib Foundation (TF). Sebuah impian dan cita-cita yang sangat luhur dan mulia, beliau mendirikan padepokan tersebut. Maksud dan tujuan dari berdirinya padepokan tersebut bisa dilihat di sini ( yang berkenan silahkan mampir dan klik disini ).

Dengan berdirinya padepokan tersebut, maka saya pun harus lebih bisa mengatur dan meluangkan waktu, sehingga saya bisa membagi dengan adil untuk menengok gubuk, rumah, dan padepokan-padepokan yang lain.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa saya sampaikan, melalui rumah yang sudah tidak terurus ini. Salam……….

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 7 so far )

Rumah baru

Posted on April 15, 2009. Filed under: Cerita, jladri, Keluarga, Ngobrol |

Alhamdulillah………akhirnya saya bisa kembali nengok rumah lama ini, setelah saya pergi merantau kesana kemari. Rumah ini adalah kenangan yang begitu tak bisa saya lupakan karena dimana saya pertama kali masuk dalam dunia ini. Dirumah inilah saya pertamakali berhuni, dan disinlah saya banyak menemukan lika liku kehidupan dunia maya.

Oke teman-teman, disini saya bermaksud untuk memberitahukan bahwa saya sudah jarang sekali tinggal dirumah ini karena beberapa waktu lalu saya sudah membangun sebuah rumah yang sangat sederhana, dan saat ini saya sering tinggal di rumah yang beralamatkan di sini (http://dariman.info). Jadi, jika rumah ini jarang ada penghuninya saya mohon maaf, dan diharapkan semoga teman-teman semua berkenan mampir dirumah yang baru.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa saya sampaikan, karena saya harus segera merapikan dan membereskan puing-puing yang masih berantakan dirumah yang beralamatkan seperti diatas tadi. Terimakasih.

salam

Dariman

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Gerakan Bloger Kebumen

Posted on Februari 4, 2009. Filed under: BELAJAR, jladri, Ngobrol |

Hayooo sedulur kabeh………. gerak kena maning bloger Kebumen.

logo

Dadekena bloger kebumen kaya slogan sing digawe nang kanca-kanca bloger ” Bangga jadi anak Kebumen

Lah mene bisa dibanggakan kaya slogan sing nang nduwur kue kepiwe ? Ayuh….siki uripena maning, bareng-bareng ngramekena, bareng-bareng bangun manig, lan…………..sing penting bisa dibanggakan 😀

Kepriwe carane ? Kue gampang ……………

Mau bengi (malem rebo pon, 3 februari 2009) aku, Imam, karo kang Rohman ngobrol-ngobrol, kepie nek bloger kebumen di gerakena men bisa dibanggakan. Nah….kaya bloger kebumen kan siki singurusi ora pada nang kebumen, dadi, ingsine kue ya……ora informasi tentang kebumen, malah ingsine ake’eh pada nempel iklan, kampanye, lan seteruse………..

Dadi, ayuh………sedulur sing esih manggon nang kebumen, ya melu ngingsi bloge bloger kebumen kue, men ingsine ora kur iklan karo kampanye. 😀 Nek arep nempel iklan ya ora papa, tapi kue nang kolom iklan dewek. Mengko njerone ingsine ya seputar kebumen, artikel, tips-tips, lan seteruse……………

Lah……..nang ngobrol-ngobrol mau bengi. Rencanane bloge bloger kebumen arep ditukokena hostingan nang kang Rohman, lah domaine nang kang Imam. Kira-kira kepiwe mengko sing ngurusi ?

Mbengi aku ngomong karo kang Rohman, kang Imam. Mengko sing ngurusi bloge aku ya ora papa, tapi, kanca-kanca berpartisipasi aktif nang njerone, dadi sing ngisi dudu kur aku, tapi sedulur kabeh. Terserah mengko arep ngisi apa, sing penting kanca-kanca ya melu ngisi, nek saking sibuke ora isa ya……..minimal niliki bloge.

Kira-kira kepiwe, sedulur ………???

Ngesuk di sambung maning.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 35 so far )

Ngamen bukan berarti Uang

Posted on Desember 20, 2008. Filed under: BELAJAR, Cerita, Ngobrol |

anak

Sore itu ketika matahari sedikit bergeser kearah barat, beberapa anak mencoba menghibur saya didepan rumah dengan melantunkan sebuah lagu yang saya tidak tau entah lagu apa itu (ngamen). Saya amati betul, kira-kira lagu apa yang dia nyanyikan, sepertinya dia menyanyikan lagu kesukaannya (lagu yang sedang naik daun di TV). (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 8 so far )

Beli aja susah apalagi minta..!

Posted on Desember 3, 2008. Filed under: EKONOMI, jladri, Ngobrol, Pengakuan, Politik |

Musim hujan telah tiba, sawah-sawah mulai terendam dan air sampai membludak tidak bisa tertampung. Memang tidak mudah sebagai penggarap sawah didaerah tanah tadah hujan, ketika musim hujan tiba air sampai berlebihan, tapi ketika sedikit saja menginjak musim kemarau, jangan ditanya deh…

sawah-petani-pupuk-bajak

(lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Konflik

Posted on Juni 3, 2008. Filed under: Ngobrol |

Berbagai media masa memberitakan tindakan Front Pembela Islam (FPI) keterlaluan, berlebihan, bahkan menyimpang dari pancasila dan UUD 45. Hal tersebut di lihat dari tindakannya atas penyerbuan terhadap Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB). Berbagai kalangan atau kelompok mengecam bahkan mengutuk atas tindakan tersebut, baik pemerintah maupun lembaga kemasyarakatan.

Sebenarnya apa yang di inginkan FPI?. Jika memang FPI menghendaki Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk membubarkan Ahmadiyah, jelas presiden berat. Karena bangsa Indonesia bukan negara Islam, bukan negara agama. Indonesia adalah negara yang berlandaskan pada pancasila dan UUD 45. Negara yang beragam, kaya akan keragaman budaya, kepercayaan, suku, bahasa, dan yang lainnya. Itu semua sudah termaktub dalam pancasila dan UUD 45.

Apakah Bangsa kita akan terus meneus diwarnai kekerasan yang di lakukan sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab?, apa Bangsa kita bisa melewati konflik yang sedang melanda?, atau bagaimana?. Sebagai masyarakat kecil kami berharap, jika pemerintah dan aparat benar-benar paham akan tindakan kekerasan yang terjadi di Negeri ini mencoreng nama baik bangsa, bertindaklah tegas dan secepatnya konflik ini di selesaikan. Kami butuh bukti bukan sekedar kecaman atau himbauan.

Apakah harus ada pembubaran sekelompok organisasi?. FPI minta Ahmadiyah dibubarkan, sekarang malah berbalik FPI yang harus dibubarkan. Sebenarnya yang benar yang mana?, apakah Ahmadiyah atau FPI?. Kalau menurutku sih benar semua tidak ada yang salah, tapi “bener karepe dewek” benar menurut sendiri-sendiri.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Konflik )

# 30 Mei

Posted on Mei 31, 2008. Filed under: Ngobrol |

Pagi itu saya tinggal sendiri di rumah, sekitar pukul 08.15 WIB terdengar ketukan pintu dari arah gerbang rumah. Karena saya sendiri sedang mandi saya bilang “sebentar”. Orang itupun masih mengetuk dan manggil saya, setelah keluar ternyata yang datang mba Jum. “mba, bawa apa itu, mba.?”, tanyaku. “ga’ tau itu, dikasih mertua.”, jawabnya santai.

Seperti biasa setiap pagi saya di depan komputer, nyalakan komputer membuka Email, XMMS Music player, dan Gaim Internet Messenger. Mba Jum masih duduk di sofa depan sambil membaca suratkabar edisi 30/5/08. Selang beberapa menit mba Jum ke kamar kecil, dan setelah itu dia menyalakan komputer yang berada di ruang pojok. Tak sengaja uang dan HP fleksinya ditaruh di meja tengah, dia masih berada di ruang pojok.

Karena saya di panggil teman “lewat chating” untuk masak nasi, saya meninggalkan rumah. Karena jarak antara rumahku dengan rumah teman tidak terlalu jauh kurang lebih 150 meter, pintu gerbang hanya saya tutup (tidak di kunci), alasan saya karena di dalam ada mba Jum dan saya juga tidak lama-lama di sana. Hanya mencuci beras dan menaruh pada alat pemasak nasi, saya langsung pulang. Setelah saya pulang saya kaget, karena pintu gerbang terbuka lebar. “mba!!!, tadi keluarnya, mba?.”, tanyaku. “tidak!”, jawabnya. “itu pintu terbuka siapa yang datang, mba?.”, tanyaku lagi. “Oooooo…….itu, tadi kang Kirman yang datang.”, jawabnya dengan santai. “lah sekarang mana orangnya?”, tanyaku lagi. “lagi jemput pak Kirun, tadi nelpon suruh jemput di depan jalan.”, jawabnya lagi.

Selang beberapa menit kang Kirman dan pak Kirun datang, dan di susul mba Kus. Setelah semuanya datang merekapun mendiskusikan program yang akan dijalani di ruang tengah, saya masih tetap di ruang depan di depan komputer. Selang satu jam pak Jamal datang, dia langsung masuk ke ruang sebelah tidak ikut diskusi bersama teman-teman. Hari semakin siang dan tibalah saat shalat jum’at. Saya dan pak Jamal berangkat ke masjid, dan di susul kang Kirman. Sepulang dari masjid saya di minta mengantarkan mba Jum ke terminal, dia mau pulang kerumah orang tuanya yang semalam baru nginap di rumah mertua.

Dalam perjalanan mba Jum memberi pesan “mas, nanti kalau HP saya ada di rumah mas, tolong di simpankan dulu.”, pesannya dalam perjalanan. Setelah sampai terminal mba Jum mengajak saya makan siang di sebuah warung nasi sederhana. Di warung tersebut saya menanyakan, apa HPnya ketinggalan di rumahku apa gimana. Dan akhirnya dia menceritakan yang sebenarnya. “mas, tadi pagi mas liat ga HPku di meja tengah?.”, mengawali bertanya. “lihat, sama uang ribuan kan?.”, jawabku balik tanya. “iya, tapi tadi pagi sewaktu mas keluar HPku tidak ada, aku tanya ke kang Kirman juga tidak tau.”,ceritanya. “apa mba tidak liat ada orang masuk kerumah selain kang Kirman?.”, tanyaku. “tidak tau, soalnya aku kan di ruang pojok, lagipula suara komputernya keras (karena sudah rusak kipas pendinginnya) jadi aku tidak tau kalau ada yang masu rumah.”, tambahnya.

Mendengar cerita mba Jum, selesai makan saya pulang langsung mencari HPnya Tirin yang semalam ketinggalan di meja depan tempat aku nongkrong. Kesana kemari mata memandang, namun HP itu tak kelihatan juga. “apa iya HP Tirin juga ilang.”, dalam batin saya. Yang anehnya HPku masih ada di bawah jendela “karena sedang di cas”, tapi kenapa dua HP tidak ada. Setelah saya cari kemana-mana tidak ada, berusaha saya hubungi HP Tirin, namun HP tersebut sudah tidak aktif. Berkli-kali saya hubungi, tetap hasilnya sama. Begitu juga dengan HP mba jum, berkali-kali dihubungi juga tidak aktif.

Setelah sore saya bercerita masalah kejadian siang itu pada pak Kirun, beliaupun sudah tau masalah yang terjadi pada saat itu. Saya berdua bingung, apa ada teman kita yang nekad berbuat seperti itu. Kalau kang Kirman apa mungkin?, tidak mungkin kalau dia, karena dia di rumah sudah seperti rumah sendiri. Mba Kus juga tidakmungkin, lalu siapa ya?. Hal ini masih jadi tanda tanya saya dan teman-teman, kira-kira siapa ya?.

Esok harinya saya tanya kang Kirman , “kang, kemaren waktu masuk rumah, pintu gerbang tertutup apa terbuka?.”, tanyaku padanya. “pintu gerbang sudah terbuka, tapi masih sedikit belum terbuka semua.”, jawabnya. “terus apa liat ada orang masuk rumah apa tidak, kang?.”, tanyaku lagi. “tidak ada luh.”, jawabnya. Siapa ya?, bisa secepat itu gerakannya. Benar-benar pinter dan trampil itu orang.

Sudah dua hari ini belum ada titik terang masalah ini, membuat perasaan jadi tidak nyaman lagi tinggal di rumah ini. Berarti di rumah mesti ekstra waspada, jangan sampai memberi kesempatan lagi pada itu orang. Karena orang berbuat seperti itu karena ada kesempatan, apa lagi dijaman seperti sekarang ini yang serba susah. Memang sekarang ini sering sekali kejadian seperti yang menimpa saya dan teman-teman. Ini menjadi pengalaman dan pelajaran diri. Buat teman-teman, semoga jangan sampai mengalami hal seperti ini.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada # 30 Mei )

Presiden pusing,Ketua MPR bahagia

Posted on Mei 13, 2008. Filed under: Ngobrol |

Berbagai surat kabar memberitakan demo di sana sini terjadi,tentunya di tujukan untuk pemerintah atas rencana kenaikan harga BBM. Dari sejumlah Mahasiswa dan ormas menolak kenaikan harga BBM,dengan alasan pemerintah tidak berpihak pada rakyat kecil dan sebagainya. Apakah benar seperti itu ?. Sampai-sampai di beritakan presiden di minta turun. Lalu apa lagi yang akan di unjukrasakan.  ” Waduh …..mau kemana lagi Pak Presiden !!?. Di depan Istana Negara banyak tamu menunggu Bapak pulang,sampai-sampai mereka rela menginap semalaman sampai kedinginan kaya gitu. Mau kemanalagi,Pak ?.”,di balik para pendemo di depan Istana,Bapak Presiden sedang berkunjung ke Mamuju Sulawesi Barat.

Di sela maraknya penolakan kenaikan harga BBM. Ketua MPR Hidayat Nurwahid malah lagi asyik-asyiknya merencanakan bulan madu pernikahannya. ” Waduh……..Mau bulan madu kemana,Pak Nur ?,apa ajak saja sekalian Pak Presidennya,kan asyik,jadi rame……”. Pak Presiden bingung di kejar pendemo,Pak Nurwahid Asyik dengan malam pertama. Selamat buat Pak Nurwahid,semoga tidak jadi duda lagi.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Motorku ceria kembali

Posted on Mei 10, 2008. Filed under: Ngobrol |

“Walah….motor,bikin demen aja.”,sanjunganku padanya. Setelah di cuci,di serfice,pokoknya di beri sentuhan-sentuhan yang hangat,motorku ceria kembali. ” Bener-bener tuh motor,kaya cewe aja,minta di beri sentuhan. Jadi tambah nafsu nih,waduuuuh.”,heranku. Apa lagi ketika di geber di jalan raya !!. wedan tenan,girangnya bukan main. Sampai teriak menjerit-jerit,sayapun sampai malu sama orang-orang yang pada melihat jingkrakan motorku.

Sekarang senang,malah dia bilang ” Bos aku mau cari cewe ya,aku dah keren begini bos.”,bisikannya. ” Walah,bosnya aja belum punya cewe,malah motornya mau cari cewe. Gimana nanti kalau motornya duluan yang dapet cewe,bisa berabe nih urusan.”,jawabku. ” Jangan dulu-dulu cari cewe,nanti kalau bosmu ini dah dapet cewe kan kamu juga bisa ngerasain. Aku kan selalu bersamamu kalau aku mau pergi,kamu juga bisa ngerasain ceweku nanti. Ceweku kan pasti naikin kamu,bukan kamu yang naikin ceweku. Awas ya kalau kamu yang naikin ceweku,tak hajar……..”,obrolanku dengannya.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 5 so far )

Kepala-Desa-Sidobumder-Kebumen

Posted on April 15, 2008. Filed under: BELAJAR, Ngobrol |

Kepala desa yang keren.

Beliau adalah Kepala Desa yang keren,beliau menjabat di Sidobunder,kec.Puting,Kebumen. Pak Salud panggilan akrabnya¨teman-teman ForKom PRB DAS Telomoyo memanggil beliau¨.

Beliau salah satu pengurus di ForKom DAS Telomoyo yang terbentuk atas prakarsa dari INDIPT. Saya kenal beliau semenjak saya ikut workshop Pengurangan Resiko Bencana ¨ PRB¨ DAS Telomoyo di Benteng Vander Wick Gombong 22-23/10/ 2007. Orangnya di samping pintar juga sangat supel,enak buat ngobrol,seolah-olah bukan seorang kepala Desa,pokoknya asyik deh….

Menurut cerita warga,beliau menjabat kepala Desa sudah dua periode ini,hebat bener Pak Salud. Kapan Jladri punya kepala Desa yang pinter?.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Artikel belajar menulis

Posted on Maret 13, 2008. Filed under: Ngobrol |

Setelah beberapa kali aku mencari artikel yang isinya tentang cara belajar menulis yang baik,banyak hal yang harus aku pelajari dan aku lakukan,setelah aku membaca isi artikel-artikel itu,terkadang aku merasa bingung,sebagian ada yang begini dan sebagian ada yang begitu,seperti kayak bertolak belakang gitu.

Ada banyak artikel yang aku temukan,seperti artikelnya punya Mas Fatih,Mas Sinema,Mas Aqua,dan Jonru. Semua artikel itu aku ambil bagian bagian yang aku butuhkan dan yang menurutku penting buat menambah ilmuku,pada dasarnya kebanyakan sama,cuma pada penjabarannya yang berbeda beda. Kenapa aku kepengin belajar menulis dan membiasakan aku menulis?,banyak hal yang mendorong aku kepingin belajar menulis,tapi kayaknya aku belum bisa menuangkan di sini soalnya aku saja belum bisa menulis dengan baik.Sering aku bertanya kepada teman-teman,bagai mana sih cara menulis yang baik?,tidak semua teman mau memberikan cara menulis yang baik,karena dia juga belum bisa menulis dengan baik “walah……..malah sama kaya aku,masih belajar “,sering sekali aku lakukan itu.

Tak jarang juga aku minta pendapat kepada temen-temen,bagai mana dengan (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Artikel belajar menulis )

Free Download

Posted on Maret 7, 2008. Filed under: Ngobrol |

Membaca Blognya kang akhdian,jadi teringat semalam,saya chating sama orang Malang,dia seorang mahasiswi,kalau tidak salah jurusan Psikolog. Namanya Mba Vina,Mba Vina sangat suka sekali dengan musik,semua jenis musik kayaknya Mba Vina suka,setiap chating sering Mba Vina minta di kirimi lagu-lagu terbaru yang Mba Vina sukai.

Dulunya saya juga sering ngirim lagu-lagu yang di minta Mba Vina,tapi,lama-lama saya males nyariinnya”download”,akhirnya dari pada saya cape-cape download akhirnya saya kasih tau aja caranya download lagu,tadinya Mba Vina tidak ngerti caranya download lagu,tapi dari pada saya cape ngedownloadin ya…………..,saya kasih tau aja caranya download lagu. (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Cerita Pagi

Posted on Maret 6, 2008. Filed under: Ngobrol |

Sudah ada beberapa pagi aku di kirimi alamat website lewat cheting,tapi kenapa pagi hari ini belum di kirim-kirim juga yaa…..?, apa karena ada gangguan jaringan ?, apa lupa ?, apa malah belum bangun tidur yaaah…?. Aku tidak tau kenapa hari ini belum ada kiriman website,biasanya jam-jam kaya gini sudah banyak alamat web site yang di kirikan ke aku lewat cheting,tapi kenapa yah pagi ini agak terlambat?.

Setiap pagi aku di kirimi alamat website untuk di buka dan di baca,tapi kadang tidak semua website aku baca,yaaah….,soalnya aku juga lagi di kasih tugas nginput data buat “Si cerdik“, itu juga membantu aku untuk belajar menulis,karena (lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...