Archive for April, 2008

Soal UAN apa ya ?

Posted on April 19, 2008. Filed under: Uncategorized |

Bagaimana ini ……..?,temenku yuruh aku nyari soal UAN di internet,tapi aku lupa mata pelajaran yang di butuhkan,kira-kira pelajaran apa ya……..?,nanti dulu tak inget-inget dulu. Apa yah…….?. Yang aku inget hanya jangan terlalu lama,dan aku di suruh ngeprint soal tersebut,tapi pelajaran apa yah….?.

Aku bener-bener lupa,HPnya di hubungi tidak nyambung,gimana ini….?,padahal temenku ujiannya selasa besok 22 April 2008,sedangkan aku pulang ke rumah hari rabunya. Gimana ya..?,apa harus pulang ke Jladri,sedangkan Jladri ke Kebumen kan jauh,perlu ongkos,iya kalau temenku ngasih gantinya,kalau tidak…..rugi aku,yang butuh kan dia bukan aku,salah sendiri HPnya susah di hubungi.

Bukannya aku tidak mau membantu teman,tapi dari pada aku tidak iklas,mending tidak aja deh!. Biarin saja,kalau dia memang benar-benar butuh,pasti menghubungi aku lagi. Di pikir-pikir kalau begitu keliatannya aku terlalu egois banget,tapi aku bener-bener lupa lupa sih. Terserah lah dia mau bilang apa,biarpun marah-marah aku paling-paling nyengir :D. Lagi pula itu kan tanggung jawabnya dia,salah sendiri tidak mau belajar,jadinya ya seperti itu,klabakan.

OOOOO………iya aku baru ingat !,dia sekolahnya kan SMA ambil IPS Ekonomi,iya aku ingat sekarang. Tidak jauh dari pikirangku,dia pasti butuh soal IPS Ekonomi,ya aku ingat sekarang. Nanti ya,aku cariin dulu di Om Google,mudah mudahan ketemu dan sesuai dengan apa yang di butuhkan, Om Google terlalu banyak menyediakan pilihan,jadi bingung deh. Sabar sebentar ya……..

Iklan
Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Sekdes Jladri-Buayan-Kebumen-Jawa Tengah-Indonesia.

Posted on April 15, 2008. Filed under: Pengakuan |

Carik cerdas

Pak Warisman sebutan sehari-hari di kantor Desa Jladri. Beliau aktif dalam ForKom Pengurangan Resiko Bencana ¨PRB¨ DAS Telomoyo yang terbentuk beberapa bulan lalau. Beliau menjabat sebagai Ketua di ForKom PRB DAS Telomoyo kawasan Hilir. Dalam berbagai acara yang berkaitan dengan ForKom PRB DAS Telomoyo beliau tidak mau ketinggalan,selalu hadir dalam acara-acara seperti itu.

Beliau sering menjadi narasumber dalam acara-acara,seperti acara penyuluhan PRB di Balai Desa Jladri,workshop PRB di Gedung PKK Kebumen yang di fasilitasi oleh INDIPT,acara silaturahmi BBPPKS Yogjakarta juga yang di fasilitasi oleh INDIPT.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Kepala-Desa-Sidobumder-Kebumen

Posted on April 15, 2008. Filed under: BELAJAR, Ngobrol |

Kepala desa yang keren.

Beliau adalah Kepala Desa yang keren,beliau menjabat di Sidobunder,kec.Puting,Kebumen. Pak Salud panggilan akrabnya¨teman-teman ForKom PRB DAS Telomoyo memanggil beliau¨.

Beliau salah satu pengurus di ForKom DAS Telomoyo yang terbentuk atas prakarsa dari INDIPT. Saya kenal beliau semenjak saya ikut workshop Pengurangan Resiko Bencana ¨ PRB¨ DAS Telomoyo di Benteng Vander Wick Gombong 22-23/10/ 2007. Orangnya di samping pintar juga sangat supel,enak buat ngobrol,seolah-olah bukan seorang kepala Desa,pokoknya asyik deh….

Menurut cerita warga,beliau menjabat kepala Desa sudah dua periode ini,hebat bener Pak Salud. Kapan Jladri punya kepala Desa yang pinter?.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Cara bangun pagi

Posted on April 15, 2008. Filed under: BELAJAR |

Pada awalnya saya susah banget bangun pagi,padahal kepingin sekali bisa bangun pagi. Ingin melihat melihat terbitnya matahari,melihat pemandangan di pagi hari,dan sejuknya embun pagi. Suasana pagi hampir tak pernah ku jumpai,setiap hari hanya tau siang,sore,dan malam. Saya mulai sadar,ketika teman memberi nasehat ¨jangan di biasakan bangun siang,biasakanlah bangun pagi¨ ambilah pelajaran yang baik-baik saja,pelajaran yang tidak baik jangan di ambil atau jangan di tiru.

Awalnya saya coba menggunakan bantuan alarem HP,karena tidak punya jam beker,tapi alarem HP tidak membuatku berubah ¨bisa bangun pagi¨,ketika alarem berbunyi di hiraukan begitu saja,padahal niatnya kepingin bangun pagi. Sampai-sampai saya bingung mau dengan cara apa,suatu ketika muncul ide dalam pikiran ¨bagaimana kalau ceweku saja yang miscall membangunkanku,dan membuat kesepakatan¨. Akhirnya saya dan Sifa membuat kesepakatan,Sifa harus miscall setiap pagi membangunkanku,dan saya harus sms Sifa setelah saya bangu. Dengan cara itu akhirnya saya bisa bangun pagi dan bisa menikmati indahnya di pagi hari.

Sudah dua hari ini saya menikmati suasana pagi hari,itu juga karena Sifa yang membangunkan,kalau bukan Sifa males banget bangun. Karena ada keterikatan,keterikatan seolah-olah ada unsur pemaksaan diri untuk bangun pagi,tapi tidak jadi masalah,ini demi kebaikan ¨ bangun pagi¨. Berawal dari pemaksaan diri semoga bisa menjadi kebiasaan.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Informasi harga gula merah saat ini

Posted on April 9, 2008. Filed under: Uncategorized |

Beberapa hari ini harga gula merah di daerah Jladri mulai naik . Harga gula merah pekan lalu,di daerah Jladri hanya berkisar 2800 – 3000,sekarang bisa mencapai 3500 – 4200. Naiknya harga gula saat ini,sangat di nanti-nanti para petani gula di daerah Jladri dan sekitarnya,karena,sudah beberapa bulan terakhir harga gula menurun,sedangkan harga kebutuhan pokon naik. Kenaikan harga gula saat ini belum begitu terasa,di bandingkan harga pada waktu menjelang bulan puasa pekan lalu. ¨ Walaupun harga gula sekarang 3500,saya sudah bersyukur dari pada kemaren,gula tidak ada harganya,masa gula cuma di beli 2700,sedangkan harga kebutuhan pokok mahal.¨,keterangan Ibu Dasiyem seorang pembuat gula merah saat di temui di rumahnya 8 April 2008 Desa Jladri,Buayan.

Naiknya harga gula saat ini karena,pasokan gula di Daerah Madiun,Solo,Pati,Tuban,dan sekitarnya sudah mulai berkurang. Jadi,harga gula di daerah penghasil gula naik. Banjir salah satu sebab menurunnya harga gula, ¨ pada saat daerah Solo,Tuban,Bojonegoro,dan Lamongan kebanjiran,harga gula menurun. Ini karena pasokan di gudang masih menumpuk.¨,kata seorang juragan gula di daerah Jladri.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 42 so far )

Meriahnya acara lomba di Gandu

Posted on April 5, 2008. Filed under: Uncategorized |

Rintik hujan membasahi tubuh dan motor kesayangan,ketika saya dan M.Kharis akan menyaksikan lomba fashion sow dan sholawat kreatif di Gandu. Dengan hati yang tulus,Alhamdulillah hujanpun reda setelah beberapa meter keluar dari rumah.

Sesampainya di Gandu,acara belum di mulai,karena,sebagian peserta lomba masih sibuk mempersiapkan diri,begitu juga dengan dewan juri,yang masih sibuk mempersiapkan materi penilaian. Situasi belum begitu ramai saat itu,hanya beberapa peserta lomba,juri,dan penonton yang hadir. Tak lama kemudian Mas Duki membuka acara pada malam hari itu 4 April 2008,semua penonton semakin merapat erat,yang tadinya duduk di kejauhan sana,kini semakin merapat memenuhi halaman Muasholla Al Huda.

Tampil pertama pertunjukan sholawat kreatif,kenapa di namakan sholawat kreatif?,karena,sholawat itu di iringi musik dengan alat musik yang seadanya,seperti,bekas kaleng cat tembok ¨decolith¨,bekas kaleng biskuit,bekas kaleng susu,sarangan panci,sisir rambut,dan tak ketinggalan juga bekas tutup botol sprite yang di rangkai. Selain itu juga ada yang menggunakan alat musik seperti,kentongan,dan tom tom drum. Dengan alat musik yang seadanya,alunan musik membuat penonton ingin berjoget,seperti,pertunjukan dari grup sholawat Al Amin yang di pimpin oleh Yasid Habibi. Dari salah satu sholawat yang di lantunkan,grup itu meniru lirik dari lagu slank,yang berjudul kota batik. Tapi,isi syairnya di rubah menjadi kota lambar,bukan kota batik lagi tapi kota lambar. Suasana meriah sekali,terdengar tepuk tangan dari semua penonton. Habibi menggambarkan di desanya itu adalah pengrajin lambar ¨bahan setengah jadi untuk bikin tudung¨,dan bambu menjadi rebutan di desa itu.

Acara di bikin bergantian,antara lomba sholawat kreatif dengan lomba fashion sow, cara ini memang sudah di rencana oleh panitia. Dari 13 peserta lomba fashion sow, banyak peserta yang meng expresikan keluar dari tema perlombaan ¨cinta Rosululloh,cinta Desa,dan cinta lingkungan¨seperti,ada yang memperagakan menjadi seorang pengantin baru,Bapak dan Ibu Guru,Pak Haji dan Bu Haji,Insinyur pertanian,muslim yang moderen.jadi ketua Rt,dan ada juga yang memperagakan menjadi penjual es. Amin ¨yang memperagakan jadi penjual es¨ menerangkan,bahwa menjual es memang benar-benar di lakukan amin,hal itu di lakukan amin karena amin harus membayar uang SOP ¨uang bulanan sekolah¨,itu sedikit membantu beban orang tua amin membiayai sekolah.

Semakin malam semakin heboh aja acara tersebut,apa lagi dengan munculnya peserta yang memperagakan tukang ngrumput dengan membawa seekor kambing,temannya sendiri di ikat dengan tali nilon lehernya,dengan busana sketer hitam tertutup semua, temannya di suruh jadi kambing. Dengan ide-ide gila yang muncul dari peserta,membuat acara tersebut semakin meriah,dan tak ingin acara tersebut berakhir.

Dalam acara tesebut,tampaknya hadir Mas A.Murtajib ¨Direktur INDIPT¨,dan Mas Ari Subowo ¨Direktur Kebumen Medianet¨. Beliau begitu asyik menyaksikan pertunjukan-pertunjukan lomba pada malam itu,tertawa lepas seperti tak ada beban,hilang semua ingatan yang ada di kepala,yang ada hanyalah tertawa terbahak-bahak. Memang,tingkah laku dari peserta kadang tidak terpikir dalam benak,bisa-bisanya mereka punya pemikiran seperti itu,dan ide-ide yang gila membuat semua penonton bisa terhibur dan tertawa terbahak-bahak,seperti saya .

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Meriahnya acara lomba di Gandu )

Kecanduan kopi jempol

Posted on April 3, 2008. Filed under: Pengalaman |

Pagi sekali tukang koran mengantarkan koran edisi hari ini 3 Maret 2008 ,tergeletak dua koran yang penerbitnya berbeda,satu dari Kompas,dan yang satunya dari suratkabar suara merdeka. Berbagai berita di kabarkan dari surat kabar,dari yang ber bau ekonomi,sosial,budaya,politik,dan seterusnya.Dengan segelas kopi di atas meja tamu,menemani suasana di pagi hari,sambil membaca berita yang di kabarkan surat kabar hari ini. Suasana pagi hari yang sejuk,tenang,menambah rasa nikmatnya segelas kopi itu,kental mantapnya kopi menambah gairah untuk membaca berita-berita di surat kabar.

Disamping menemani membaca surat kabar di pagi hari,segelas kopi juga tak jarang menemaniku menulis di malam hari. Berjam-jam setiap di depan komputer,segelas kopi selalu menemaniku di atas meja,di samping kopi yang mantap dan nikmat,rokokpun selalu menemaniku.

Walaupun hanya kopi merek jempol,tidak kalah nikmatnya dengan kopi merek-merek yang terkenal,seperti,Kapal Api,ABC,Torabika,dan yang lain. Cukup dengan kopi jempol,suasana membaca atau menulis menjadi nyaman,enak,betah,dan sebagainya.

Tak jarang harus nambah,tak cukup segelas dua gelas ketika di depan komputer. Pernah terjadi,semalam saya harus nambah empat sampai lima gelas kopi,untuk menemani bergadang di depan komputer. Tidak ada merek lain selain merek jempol,karena kopi jempol dirasa harganya yang sangat bersahabat dengan kantong. Dengan mengeluarkan uang 1600,saya sudah bisa menikmati kopi,harga itu juga untuk ukuran bungkus yang besar,di samping itu juga ada ukuran bungkus yang lebih kecil,bisa di kata lebih ekonomis.

Sebelumnya saya tidak pernah merasakan kopi jempol,semenjak tinggal di kantor indipt saya menjadi ketagihan dengan nikmatnya kopi jempol. Tak tau mengapa menjadi ketagiha dengan kopi jempol,apa karena keterbiasaan atau bagaimana?.

Kopi jempol menjadi bagian dari hidupku,setiap hari harus ngopi dan ngopi. Sehari tidak ngopi,terasa ada sesuatu yang masih mengganjal,masih ada yang belum selesai. Apa itu yang di namakan sudah kecanduan ?.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Internet ngadat

Posted on April 2, 2008. Filed under: Pengalaman |

Belakangan ini koneksi internet di kantor sering terputus,saya tidak tau apa masalahnya. Sudah berkali-kali saya cek,dari koneksi kabel,koneksi jaringan,sampai ke wireles. Tapi apa yang saya lakukan tidaklah membuahkan hasil,yang ada malah tambah pusing kepala aja. Disamping saya utak-atik sendiri,saya juga tidak lepas minta bantuan pada ahlinya. Mas Ari Subowo,memperkirakan penyebab tidak koneknya internet karena terminal wirelesnya sudah eror,yang mengakibatkan internet kadang konek kadang tidak.

Sudah di lakukan berbagai alternatif,seperti mengganti penghubung,yang tadinya menggunakan kabel langsung sekarang sudah di ganti dengan radio alkon. Tadinya di kira kabelnya yang eror,tapi setelah di ganti dengan radio alkon hasilnya masih sama juga,ya,walaupun lumayan,tapi kadang juga tidak konek. Ada perubahan setelah penghubung di ganti dengan radio alkon,sekarang lebih sedikit nyaman dalam penggunaan,ya,walaupun masih sedikit ada masalah.

Entah sampaikapan kapan akan terus seperti ini. Sekarang masih dalam percobaan,sekarang di coba sampai beberapa hari,kalau hasilnya masih sama seperti yang kemaren,terpaksa harus mengganti wirelesnya. Tidak ada kemungkinan kalau wirelesnya sudah setengah mati,biasanya wireles sebelum mati total kejadiannya seperti itu,kadang hidup kadang mati.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Internet ngadat )

Tidak mudah menjadi penulis

Posted on April 1, 2008. Filed under: BELAJAR |

Banyak hal yang saya lalui dalam belajar menulis,ternyata belajar nulis tidak semudah yang saya bayangkan,banyak hal yang harus saya pelajari,seperti cara,tehnik,pemahaman,dan yang lain. Banyak sekali jenis-jenis tuisan,dari yang bentuk laporan,makalah,surat kabar,novel,cerpen,dan seterusnya. Jenis tulisan yang saya pelajari adalah jenis berita,ternyata untuk menulis sebuah berita tidaklah mudah,begitu juga dengan menulis jenis tulisan yang lain. Kendala saya dalam menulis berita adalah sulitnya meliput sebuah berita,entah itu jenis berita tentang pertanian,bencana,pendidikan dan lainnya. Di samping itu,saya juga kurangnya pengetahuan,jadi,susah untuk mengembangkan berita-berita yang sudah saya dapat.

Berita yang sudah di dapat,harus di olah lagi supaya jadi berita yang mengasyikan,enak di baca,mudah di pahami,dan seterusnya. Pembaca akan merasa enak membaca,jika bentuk tulisannya singkat,padat,dan mengena. Dalam penulisan berita hal tersebut harus benar-benar di perhatikan lebih serius,jika tulisan berita tersebut ingin di katakan tulisan yang bagus.

Di samping dari keterangan di atas juga perlu di perhatikan jika belajar menulis,ada satu kendala yang sangat sulit untuk di hindari dalam proses belajar menulis,hal tersebut adalah keadaan untuk menulis yang tidak mut ¨males¨,dalam keadaan yang tidak mut,tulisan tidak akan sebagus yang di inginkan,padahal yang seharusnya tulisan itu akan bagus. Kondisi tubuh juga mempengaruhi hasil tulisan,tubuh yang tidak fit juga mengurangi hasil tulisan tersebut.

Memang sulit untuk mengatasi hal yang satu ini,di samping tubuh yang fit,muit untuk menulis juga menentukan hasil tulisan. Maka dari itu sebelum memulai menulis lihatlah faktor-faktor tersebut,jangan sampai mengabaikan hal-hal yang mungkin di anggap sepele atau mudah. Kebiasaan mengabaikan hal yang sepele bisa menghambat dalam proses belajar menulis seperti yang sedang saya lakukan.

Sangat sulit untuk merubah kebiasaan menulis,pemaksaan diri untuk selalu menulis harus dilakukan,tanpa ada pemaksaan diri,untuk merubah kebiasaan sangatlah sulit. Pertama memang harus di paksakan,lama kelamaan juga menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan menulis,akan memudahkan untuk menulis sesuatu,seperti menulis berita,makalah,cerpaen,novel,dan seterusnya. Maka dari itu,kebiasaan menulis harus di tekankan bahkan di paksakan sebelum menulis menjadi sebuah kebiasaan.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( Komentar Dinonaktifkan pada Tidak mudah menjadi penulis )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...